Jawaban UAS

  1. Resume dalam bentuk bagan:

Kelompok Kawasan : Asia Timur

Nama Negara : Taiwan

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Keterangan

Ideologi

Demokrasi

Mengedepankan kepentinagn rakyat

-Rakyat memegang peranan penting dalam penentuan pemimpin dan wakil-wakilnya di pemerintahan

-Sistem pemerintahan terdiri dari 4 Badan (Yuan) yaitu Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawas

– Dewan Perwakilan Rakyat dengan 225 kursi dimana 168 darinya diisi oleh anggota hasil pemilu

Ekonomi dan Teknologi

-Kapitalis Dinamis

Berkurangnya keterlibatan pemerintah dalam pekerjaan dan perdagangan asing

-Penswastaan Aset-Aset milik Negara

– Beberapa bank dan perusahaan umum milik Negara telah diswastanisasikan.

Demografi

Jumlah Penduduk 23,036,087

Multi Etnik:

-Suku Pribumi

(Austronesia) Penduduk Taiwan asli (Aborigin Taiwan)

-Tionghoa

-Pendatang (Han) (imigran dari Tiongkok terutama sejak Perang Dunia II dan Perang saudara di Tiongkok daratan pada tahun 1940-an, imigran dari India, Filipina dan Indonesia yang tinggal menetap menjadi warganegara Taiwan)

-Pria: 11,723,734

-Wanita: 11,312,353

Perbandingan Pria:Wanita

100 : 96

-Kepadatan 705/km²

-Bahasa Resmi Mandarin

-Agama: Ada 25 Agama

-Agama mayoritas, Budha:5.468.000

Islam:53.000

Kristen:903.000

Taoisme:4.546.000

-Tinggal di Kota: 62%

-Tinggal di Desa: 38% dari jumlah penduduk secara keseluruhan

Militer

-Jumlah Angkatan Perang: 430.000 Personel (Pasca tahun 1990)

-AD: 12 divisi Angkatan Darat

-AL: Angkatan Laut terdiri dari 390 kapal

-AU: 470 pesawat

tempur.

-Tank:440 Unit

-Kapal Selam:- Sea Dragon SS-793 Hai Lung dan SS-794 Hai Hu

-Kapal Induk:——

-AD 240.000 personil

-AL bobot total 220.000 ton serta didukung oleh 30.000 personil marinir;

-AU dilengkapi dengan pesawat tempur jenis pesawat pemburu “Jin Guo”, pesawat pemburu F-16, Mirage 2000, pesawat pendeteksi dini (AWACS)

-Kapal Selam Taiwan dilengkapi rudal anti-kpal permukaan (ASM) UGM-84 Harpoon

Geografi

-Negara Kepulauan

-Terdiri dari kepulauan, terletak di pinggir tenggara landasan benua Tiongkok.

-Batas-batas:

‘Utara: Laut timur

‘Selatan: Teluk Bashi(Perbatasan dengan Filipina)

‘Timur: Lautan Pasifik

‘Barat: Provinsi Fujian (Selat Taiwan)

– Luas total daratnya sekitar 36 ribu km²

– Luas pulau Taiwan 97% diatas pulau-pulau lain di wilayahnya

– Luas hutan separuh lebih dari luas total wilayah

– terdapat banyak gunung, 2 pertiga luas pulau-pulau adalah gunung dan perbukitan

Diplomasi

-Hubungan diplomatic dengan AS, namun berakhir sejak kunjungan presiden Richard Nixon ke RRT pada tahun 1970-an

-Hubungan Diplomatik dengan Afrika Selatan, namun berakhir ketika Afrika selatan mengalihkan hubungan diplomatiknya ke RRT pada tahun 1997

Pengakuan dari pemerintah Vatikan (Paus) di Roma

-Republik China di Taiwan hanya diakui oleh 25 negara.

-kebanyakan negara-negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan umumnya adalah negara negara kecil atau negara dunia ketiga yang tidak memiliki potensi strategis dikalangan dunia internasional

Umumnya hubungan diplomatic yang dilakukan Taiwan dengan Negara lain bersifat hubungan Ekonomi dan Perdagangan sekaligus menjadi saluran hubungan diplomatik tidak resmi mengingat Taiwan secara riil merupakan kekuatan ekonomi Asia secara signifikan dan merupakan pintu gerbang para investor asing di kawasan Asia Timur

Sejarah Interaksi Internasional

-Merupakan Anggota PBB

– Kerjasama dengan Negara-negara Barat dan Timur

-Pemerintahan Republik China dan Taiwan diakui sebagai Negara sah oleh PBB dan kebanyakan negara Barat dan Timur hingga tahun 1970-an

-Hubungan militer dan bantuan persenjataan oleh AS

-Kerjasama militer dengan Perancis dan Belanda

-Kerjasam Militer dengan singapura

-Republik Cina atau Taiwan dikeluarkan dari keanggotaan PBB tahun 1970-an

-Kendati Hubungan Diplomatik putus, Taiwan tetap menjalin hubungan militer dengan AS

-Pembelian pealatan pertahanan dari Perancis dan Belanda

-Penempatan militer Singapura di wilayah Taiwan

Keterlibatan dalam Perang

Perang Saudara tahun 1949

Republik China dipimpin oleh Chiang Kai Shek yang berhaluan nasionalis melawan Partai Komunis Tiongkok pimpinan Mao Zedong

Chiang Kai Shek mengalami kekalahan

Keterlibatan dalam Perjanjian Internasional

Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir

Republik China di Taiwan termasuk negara yang pertama menandatangani NPT, namun dikeluarkan dari PBB pada tahun 1971

Walaupun Taiwan tidak lagi tergabung dalam PBB, Pemerintah Taiwan menyatakan tetap akan ikut dalam perjanjian tersebut.

2. Resume Weekly News (event)

(a) Berdasarkan Weekly news, kondisi real yang terjadi di negara Taiwan adalah:

Pasca kemenangan partai KMT dalam pemilu maret lalu, Presiden terpilih Ma Ying Jeou, tampaknya membawa perubahan besar terhadap hubungan Taiwan dengan RRT. Secara historis, Ma memiliki kedekatan khusus dengan pemimpin Cina saat ini, sehingga bukan tidak mungkin hubungan kedua Negara yang sempat diwarnai persengketaan, dapat harmonis di masa depan.

Berbagai usaha untuk perbaikan hubungan dilakukan, diantaranya seperti yang diungkapkan Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao 30 Maret lalu. Wen mengatakan Beijing ingin membicarakan hubungan transpor langsung dengan pulau itu berdasarkan prinsip “Satu Cina”. Hubungan tersebut mengacu pada dimulainya kembali perdagangan langsung, transpor, dan pengiriman lewat pos, yang dilarang Taiwan puluhan tahun lalu karena kuatir akan keamanan.

Bak gayung bersambut, keinginan Perdana Menteri Cina tersebut disambut baik oleh pemerintahan Taiwan yang baru. Pemerintah baru yang sedang menjalankan tugasnya tampak cukup antusias dalam masalah hubungan antar selat. Ma’ sebagai Presiden Taiwan, berencana akan merealisasikan penerbangan langsung antar selat dan juga pembukaan pintu bagi wisatawan Tiongkok ke Taiwan pada bulan Juli ini.

Sehari sebelum pertemuan kedua belah pihak antar selat yaitu antara RRT dan Taiwan 10 Juni lalu, chairman Straits Exchange Foundation, SEF, Jiang Pin Khun yang dimana merupakan badan yang bertanggung jawab dalam menjalankan negosiasi, menyebutkan bahwa pertemuan yang berlangsung dengan pihak Tiongkok tetap akan dilakukan dengan asas penghormatan, keadilan dan juga saling menguntungkan. Jiang menegaskan bahwa pembukaan pintu wisata serta pesawat carteran hanya merupakan tahap awal semata, dan di masa yang akan datang tidak tertutup kemungkinan untuk membahas masalah penerbangan langsung untuk pesawat kargo, perluasan pesawat carteran, pelayaran langsung, hubungan langsung untuk kawasan segitiga kecil, sistim anti kriminalitas, pemasukan perbankan ke Tiongkok serta pergerakan Taiwan dalam percaturan dunia internasional.

(b) Keterkaitan kondisi real dengan basis keseluruhaan kapabilitas Negara, berelasi pada Weekly News:

Kondisi real diatas cukup masuk akal dilakukan. Selain secara geografis kedua negara berada dalm satu kawasan yang berdekatan letaknya. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi apabila ketegangan kedua Negara terus terjadi adalah terjadinya peperangan.

Dari sudut pandang historis, RRT dan Taiwan merupakan satu Negara yang akhirnya terpisah pasca perang saudara tahun 1949, antara Nasionalis dengan Komunis. Taiwan yang awalnya merupakan pemerintahan darurat yang dibentuk Chiang Kai Shek berubah menjadi Negara Independent yang terpisah dari RRT. Sejak saat itu keberadaannya pun dikucilkan dari pergaulan internasional akibat intervensi dari RRT. Akibatnya Taiwan kesulitan dalam membangun negaranya.

Apabila dilihat lebih dalam, Taiwan merasakan sakit hati dan dendam yang besar terhadap RRT akibat perlakuannya. Akhirnya Taiwan berusaha sendiri dalam membangun negaranya, meskipun hanya didukung dan melakukan hubungan diplomatic dengan Negara-negara kecil saja, Taiwan mampu memproduksi berbagai teknologi, dari teknologi transportasi, militer hingga elektronik. Dari kemampuannya tersebut Taiwan mampu menyaingi dan hamper menyamai kekuatan RRT. Dalam bidang ekonomi, Taiwan merupakan pintu gerbang kawasan Asia timur bagi para investor, sedangkan dalam bidang militer, Taiwan mampu memproduksi peralatan militernya sendiri. Dapat dipastikan apabila ketegangan antar kedua Negara tersebut terus berlangsung, maka Taiwan dengan kekecewaan yang begitu besar terhadap RRT, akan menyerang dan terlibat peperangan dengan RRT.

Namun denagn yang terjadi kini, 2 kekuatan besar asia, tengah berusaha memulihkan hubungan mereka. Tidak tertutup kemungkinan dimasa depan dua Negara dapat kembali menjadi satu Negara. Dapat dibayangkan apabila hal tersabut terjadi, maka akan menjadi Negara Super Adi Daya Dunia.

3. Argumentasi tentang kapabilitas negara dibandingkan dengan negara-negara kelompok kawasannya:

Bila dibandingkan dengan Negara-negara lain di kawasan Asia Tmur,Taiwan memiliki berbagai kelebihan sebagai Negara yang baru merintis pembangunan pasca Perang dunia II. Dari bidang politik dan ekonomi, Taiwan menganut paham yang diusung Negara-negarta Barat, yaitu Demokrasi dan Kapitalis Dinamis. Hal tersebut dapat memberikan nilai lebih bagi Taiwan untuk berinteraksi dengan Negara-negara Barat ketimbang RRT misalnya, yang menganut paham Komunisme. Itu dapat dibuktikan ketika secara diplomatic hubungan Taiwan dengan Amerika Serikat putus di tahun 1970-an, namun Taiwan masih mendapatkan bantuan dan bimbingan dari Amerika Serikat untuk mendapatkan dan mengembangkan bidang militernya.

Dari segi militer, Taiwan memiliki kekuatan militer yang tidak diragukan lagi kekuatannya. Selain mampu memproduksi kebutuhan peralatan militernya sendiri, Taiwan juga melakukan kerjasama dengan Negara besar lain seperti Perancis dan Belanda, sebagai tempat untuk pembelian alat-alat pertahanannya. Apabila dihubungkan dengan pembangunan kembali Depertemen pertahanan Jepang baru-baru ini, maka ada indikasi bahwa Jepang khawatir akan kemajuan pertahanan dan militer Negara-negara di kawasannya yang akan mengancam keamanan negaranya. Hal tersebut mengingat RRT dan Taiwan yang berada satu kawasan dengan Jepang pernah mengalami sejarah yang kelam, dimana Jepang pernah menjajah dan mengalami peperangan dengan kedua Negara tersebut pada akhir abad 19.

Dalam bidang ekonomi, Taiwan memilki kemajuan ekonomi terbesar disbanding Negara lain di Kawasan Asia Timur, yaitu sebesar 8% selama 3 dekade terakhir. Selain itu Taiwan merupakan pintu gerbang masuknya investor asing yang ingin masuk dan menyimpan inventasinya di kawasan Asia Timur. Hal tersebut didukung oleh pelabuhan kargo yang dimilki Taiwan, yang melayani arus barang ekspor impor dari dan menuju berbagai kawasan di dunia.

Secara Geografis, Taiwan terletak di pusat jalur pelayaran Pasifik Barat, letak strategisnya sangat penting. Selain itu Taiwan merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari 80 pulau. Dengan demikian wilayah laut yang dimilikinya pun sangat luas, sehingga ia mempunyai kekayaan laut yang melimpah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: