Weekly News 9 Juni 2008

SEF: Pertemuan antar selat akan membahas pesawat carteran dulu baru pembukaan pintu wisata

Sehari sebelum pertemuan kedua belah pihak antar selat, chairman Straits Exchange Foundation, SEF, Jiang Pin Khun menyebutkan bahwa pertemuan yang berlangsung dengan pihak Tiongkok tetap akan dilakukan dengan asas penghormatan, keadilan dan juga saling menguntungkan. Selain itu wakil chairman SEF, Gao Khung Lien juga mengatakan bahwa pembicaraan akan langsung dilakukan oleh kedua wakil yayasan dan juga pejabat pemerintah.

Jiang saat melangsungkan jumpa pers pada tanggal 10 Juni, selain mengumumkan agenda pelaksanaan dibukanya kembali pembicaraan kedua belah pihak, Jiang juga menyebutkan sejak pemerintah baru dimulai, tampak muncul perkembangan hubungan yang baru dan baik di antara kedua belah pihak. SEF sendiri juga akan tetap menggunakan landasan pembicaraan seperti yang telah dilakukan sebelumnya, dimana pembicaraan kedua belah pihak terputus pada tahun 1999 ketika munculnya pandangan sistim dua negara.

Jiang sendiri menegaskan bahwa pembukaan pintu wisata serta pesawat carteran hanya merupakan tahap awal semata, dan di masa yang akan datang tidak tertutup kemungkinan untuk membahas masalah penerbangan langsung untuk pesawat kargo, perluasan pesawat carteran, pelayaran langsung, hubungan langsung untuk kawasan segitiga kecil, sistim anti kriminalitas, pemasukan perbankan ke Tiongkok serta pergerakan Taiwan dalam percaturan dunia internasional. Jiang mengatakan bahwa waktu pembicaraan kali ini lebih pendek, tidak seperti pada tahun 1998. kedua belah pihak juga tidak akan mengisi kegiatan dengan acara pertunjukkan lainnya. Namun Jiang juga menyebutkan bahwa pihaknya akan mengundang ketua Association for Relations Across Taiwan Strait, ARATS, Chen Yun Lin untuk datang berkunjung ke Taiwan.

Ketika ditanya apakah pihaknya akan bertemu dengan presiden Tiongkok Hu Jing Dao dan juga ketua kantor urusan Taiwan Wang Yu, Jiang Pin Khun tidak bersedia untuk memberikan jawaban. Jiang mengatakan,“Saya tidak dapat memberikan jawaban bagi kalian semua, namun saya akan mengundang Ketua Chen untuk datang berkunjung ke Taiwan saat ia memiliki waktu yang senggang.”

Wakil ketua SEF, Gao Khung Lien mengatakan,“Pertemuan pada pagi hari akan membahas mengenai masalah pesawat carteran, setelah itu baru akan dibahas mengenai masalah pembukaan pintu wisata. Karena kedua topik ini, maka pejabat pemerintahan juga akan turut menghadiri pertemuan tersebut, termasuk perwakilan dari komite urusan Tiongkok dan juga kementrian perhubungan.

10/06/2008 Radio Taiwan Internasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: