Geografi

Letak Geografis

Taiwan adalah suatu propinsi Tiongkok yang terdiri dari kepulauan, terletak di pinggir tenggara landasan benua Tiongkok. Propinsi Taiwan terdiri dari sekitar 80 pulau antara lain pulau Taiwan dan pulau-pulau di sekitarnya serta kepulauan Penghu. Luas total daratnya sekitar 36 ribu kilometer persegi.

Di sebelah utara Taiwan adalah laut Timur, di sebelah timur lautnya adalah kepulauan Liuqiu, di sebelah timurnya Lautan Pasifik, di sebelah selatannya Teluk Bashi, dan bertetangga dengan Filipina. Di sebelah baratnya berhadapan dengan Propinsi Fujian dengan terpisah oleh Selat Taiwan, jarah paling dekat dengan daratan Tiongkok hanya 130 kilometer. Propinsi Taiwan terletak di pusat jalur pelayaran Pasifik Barat, letak strategisnya sangat penting.


Selat Taiwan

Panjang Selat Taiwan dari selatan ke utara sekitar 380 kilometer, lebarnya dari timur ke barat rata-rata 190 kilometer, jarak yang paling dekat dari Xinzhu Taiwan ke Pingtan fujian, hanya 130 kilometer.

Topografi dan Geomorfologi

Luas pulau Taiwan merupakan 97% ke atas luas seluruh propinsi, merupakan pulau besar nomor satu di Tiongkok. Di pulau tersebut terdapat banyak gunung, 2 pertiga luas pulau tesebut adalah gunung dan perbukitan ,luas datarannya tidak sampai sepertiga. Pegunungan Zhongyang, Pegunungan Yushan, Pegunungan Xie Shan , Pegunungan Ali dan Pegunungan Taidong adalah kelima pegunungan besar di pulau Taiwan. Keistimewaan topografi pulau Taiwan adalah bagian tengah tinggi dan kedua belahnya rendah.

Puncak utama pegunungan Yushan setinggi 3997 meter dari permukaan laut , adalah puncak tinggi nomor satu di Taiwan.


Iklim Dan Hasil Bumi

Propinsi Taiwan terletak di antara daerah tropis dan daerah iklim sedang, tergolong iklim tropis dan sub tropis. Karena dilingkari laut, dan terkontrol angin musim laut, sepanjang tahun iklimnya nyaman , tidak begitu dingin di musim dingin dan tidak terlalu panas di musim panas, suhu rata-rata sepanjang tahun sekitar 22 derajat celsius kecuali di gunung. Di daerah umumnya sepanjang tahun tidak terlihat salju maupun embun beku, garis salju terletak di daerah setinggi 3000 meter ke atas dari permukaan laut. Di Taiwan banyak hujan, dan sering terpengaruh angin Topan.

Luas hutan di Taiwan merupakan separo lebih dari luas total wilayah propinsi tersebut, merupakan dua kali lipatnya luas hutan di Swiss yang terkenal sebagai “negara gunung dan hutan” di Eropa, dan deposito kayunya 300 juta meter kubik ke atas. Jumlah pohon kamper di Taiwan merupakan yang terbanyak di dunia, kamper dan minyak kamper adalah hasil khas Taiwan, dengan produksinya menempati 70% produksi total dunia. Karena dikelilingi laut , hasil laut Taiwan sangat melimpah ruah. Jenis ikannya mencapai lebih 500.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: